Jumat, 15 Oktober 2010

4 Jenis Register Suara (Special Whistle Register)

Pernah dengar suara yang mampu menjangkau range vokal sampe 6 Oktaf lebih? Yups, salah satunya yang paling terkenal adalah Celine Dion yang katanya mampu menjangkau 8 Oktaf bro... Gmn caranya yach, kita teriak-teriak sampe urat leher putus juga ga bakalan sampe 5 Oktaf, apalagi 8 Oktaf, Lets Cekidot here,,,
Jadi pada manusia terdapat 4 (empat) register buat memproduksi suara:
1. Vocal Fry — Buat nembak nada-nada rendah/bass.
2. Modal Register — Ini semua orang punya! :P Kalau kita nyanyi seperti biasa atau pakai chest voice, pakai register ini.
3. Head Voice / Falsetto — buat menjangkau nada-nada yang nggak bisa dijangkau chest voice.
4. Whistle Register — nah ini dia! Nggak semua orang bisa mengakses yang satu ini. More info di bawah:
Register whistle (juga disebut register flageolet) adalah register phonational tertinggi, yang dalam kebanyakan penyanyi soprano dimulai di atas “C tinggi” (C6 atau 1,046.5 Hz) dan biasanya memanjang sampai sekitar dua D atas (D7 atau 2349,3 Hz).
Register ini memiliki produksi fisiologis khusus yang berbeda dari register lain, dan disebut whistle karena timbre dari nada-nada yang dihasilkan dari register ini terdengar mirip dengan peluit. Bagian bawah register whistle mungkin tumpang tindih bagian atas dari modal dan falsetto, sehingga memungkinkan bagi penyanyi untuk memproduksi nada-nada tinggi ini dengan cara/teknik yang berbeda. Namun, pada dasarnya whistle register paling sering digunakan untuk menghasilkan nada-nada C6 ke atas.
Seperti dengan register vokal lainnya, register whistle tidak dimulai pada titik yang sama dalam setiap suara, dan ada kasus-kasus langka yang dapat memperpanjang jangkauan whistle jauh lebih tinggi atau lebih rendah daripada batas yang tercantum di atas. Sebagai contoh, beberapa penyanyi opera bisa menyanyi sampai F “tinggi” (F6) atas C “tinggi” (C6) tanpa harus masuk/menggunakan whistle (hanya head voice/falsetto). Juga, jarang penyanyi seperti Georgia Brown dari Brasil, yang mampu menyanyikan sampai G10 (25087Hz), yang jauh lebih tinggi di dalam jangkauan whistle register yang biasa.
(Berbagai Sumber terpercaya)

8 komentar:

Anonim mengatakan...

thankssss a lottt

Unknown mengatakan...

yuppp,,.. emmm aku baru tau punya whistle voice waktu kelas 3 sMa,,, cuma sekarang klo pake whistle voice,, kalau udah nyanyi 1 lagu biasa,,, kalau ngak ,,, ya g bisa pake whistle,,,,kira2 itu wajar ngak ya,,,

truz nada rendah dari wistle ku D6,,, apa mungkin ya

==

Anonim mengatakan...

oooooo thank you

Anonim mengatakan...

yang bener aja Celine Dion 8 Oktaf , Mariah Carey aja 5 Oktaf itu pun menggunakan Whistle Register bagaimana dengan Celine Dion yang cuma pake Head Voice cuma ada beberapa orang aja yang menjangkau 5 Oktaf ke atas celine cuma 3 Oktaf lebih.

Unknown mengatakan...

Kok suata whistle ku skarang susah di capai ya.. kalo sebelumnya mau nembak nada whistle tinggal nembak gitu aja. Tapi sskrng, kok malah lari ke semacam mix voice gitulah.. kalo mau whistle jadibsusah.. knapa yaa?

Unknown mengatakan...

Dulu gw ga bisa whistle tp sekarang malah mudah nembaknya, nada terendah whistle ku Eb6 dan tertinggi C7, pernah sekali C#7 tảpi tenggorokan gw langsung sakit heheh xD

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

terakhir bisa whistle aku pas smp. sekarang udah kelas 3 smk udah nggak bisa soalnya udah jarang nyanyi. kira kira bisa balik lagi nggak ya whistle register yg udah hilang?

Posting Komentar

readbud - get paid to read and rate articles
 
Copyright 2009 My Inspirations. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan