Jumat, 15 Oktober 2010

Pernafasan Diafragama, jangan abaikan saat bernyanyi!

Singer-singer setanah air, khususnya yang belum tau dan faham bagaimana pentingnya teknik pernafasan diafragma pada saat bernyanyi, sekarang tidak ada alasan lagi untuk mengelak dari latihan pernafasan diafragma! Latihan ini adalah latihan tahap awal jika ingin memaksimalkan produksi suara saat bernyanyi...
Anda tau seorang penyanyi opera telah memiliki otot diafragma yang sagat kuat, itu sebabnya pada saat pementasan Opera, mereka tidak memerlukan mikrofon sebagai pengeras suara. Sekali hirup, udara langsung berkumpul di dalam diafragma dan siap untuk menyokong produksi suara secara maksimal.
Bagaimana jika tidak menggunakan teknik pernafasan diafragma?

Tentunya suara yang dihasilkan akan mudah sekali goyang! Yang harusnya kita samapi pada tune paling tinggi jadinya suara kita menjadi habis dan bernyanyi seperti orang gemetar. Lambat lain nafas jadi habis. Dalam kontes nyanyi skor anda akan sangat minim.
To The Point
Pertama-tama coba anda tekan otot di atas perut, yaitu berjarak 2 - 3 jari dari rusuk paling bawah, itu adalah letak otot diafragma. Untuk mengetahui seberapa jadi otot diafrgma anda, ambil nafas yang dalam simpan dalam diafragma, semakin mengembang diafragma anda, semakin matang otot diafragma anda. (Ingat!! Bukan otot perut lho ya, tapi diafragma, otot bagian atas perut).
Atau dengan cara batuk batuk, nah ketika batuk, diafragma akan berkontraksi!! dari situ anda akan tahu itu adalah otot diafragma anda!
Dalam melatih diafragma, sangat mudah dan simple asalkan rutin dan berkala.
1. Tarik nafas,
2. Simpan udara di diafragma (jangan di paru2, perut)
3. Seperti pada balon, saat ditekan udara yang pada bawah balon, demikian juga udara perlahan dikeluarkan seiring dengan produksi suara!
4. Latih dengan mengeluarkan suara HIP HAP HIP HAP HIP HAP, dengan menggunakan tenaga dari diafragma, sama saat sperti batuk!
5. Lakukan sampai beberapa menit, atau sampai otot diafragma terasa sakit, istirahat sejenak dan lanjutkan lagi.
Demikian dulu penjelasan saya mengenai teknik pernafasan diafragma, bagaikan rumah tanpa pondasi demikianlah bernyanyi tanpa teknik pernafasan diafragma.
By. Arai

0 komentar:

Posting Komentar

readbud - get paid to read and rate articles
 
Copyright 2009 My Inspirations. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan