Senin, 31 Januari 2011

7 Kucing paling Unik dan Hampir Punah [yang cinta fauna monggo baca ; with pict]

Kucing merupakan binatang yang tidak asing lagi bagi kita. Mungkin ada dari beberapa anda yang memelihara kucing dirumah karena memang menyukai binatang yang imut ini tapi tak jarang memelihara kucing untuk berburu tikus yang berkeliaran dirumah kita.

Namun, kali ini bukan kucing rumahan tersebut yang ingin saya bahas. Beberapa spesies kucing di belahan dunia merupakan tergolong langka dan sangat unikm berbeda dengan kucing rumahan pada umumnya. Berikut 7 kucing unik dan memang hampir punah :


1. Pallas Cat

Kucing ini mempunyai bulu yang padat, mata yang bulat di tambah pula dengan gigi yang lebih sedikit serta wajah yang datar bila di bandingkan dengan kucing pada umumnya. Uniknya kucing ini di anggap sebagai spesies kucing tertua yang berkembang sejak 12 jt tahun yang lalu. Konon asal usul kucing ini pada awalnya berasal dari eropa Timur, tetapi setelah melihat bentuk genetika yang berbeda, para ahli berkesimpulan kucing berbulu panjang ini merupakan jenis kucing liar yang berasal dari Afrika.

2.Margay Tiger Cat

   Kucing ini termasuk spesies langka yang hidup di meksiko dan Argentina, kucing ini mempunyai bentuk seperti kucing rumahan biasa, tetapi mempunyai perbedaan, yaitu badannya yang lebih kecil dan kaki yang lebih panjang. Keunikan lain dari kucing ini adalah warna bulu-bulunya yang seperti macan dan mampu beradaptasi dengan baik dengan pohon-pohon di sekitarnya. Bahkan mereka mampu menghabiskan seluruh hidup mereka tanpa menyentuh tanah sama sekali. Tapi sayangnya spesies ini hampir terancam habitatnya karena hanya muncul pada malam hari dan ditemui di hutan. 

3. Fishing Cat
Kucing ini hidup di Asia Selatan dan di Asia Tenggara. Keunikan dari kucing ini adalah ia lebih suka tinggal di hutan air dengan tujuan mencari ikan, selain itu spesies ini merupakan kucing pertama yang dapat berenang. Kucing Fishing Cat merupakan salah satu satwa yang di lindungi karena habitatnya yang hampir punah dan semakin berkurang.

4. Sand Cat
Hewan berkaki 4 ini sering di temui di padang pasir Afrika, Semenantung Arab dan Asia Barat. Bentuk kepala yang lebar, bulu yang lebat dan bulu2 yang tumbuh di antara kaki kakinya menjadi keunikan dari kucing ini. Spesies ini termasuk yang terancam punah, karena itu perburuannya dilarang di banyak negara.

5. African Golden Cat
Mendengar dari namanya, akan banyak yang berpikir kucing ini berwarna emas, namun pada kenyataannya tidak selalu demikian. Mulai dari emas kemerahan, sampai abu-abu gelap, bahkan mereka dapat berubah warna selama siklus hidupnya, pada beberapa kucing mereka mempunyai tanda khusus dan juga dada yang lebih terang. Kucing African Golden cat mempunyai panjang 30 - 32 inci, dan berat badan sampai 40 kg. Kucing ini hidup di hutan hujan di afrika daerah khatulistiwa, dan termasuk hewan yang dilindungi.

6. Caracal
Caracal merupakan jenis kucing yang mempunyai penampilan khas Amerika Utara, yang hidup di Afrika dan Asia. Namun nama caracal sendiri di ambil dari bahasa Turki yang berarti telinga hitam. Kucing ini dapat tumbuh panjang sekitar 3 meter dan berat tubuh mencapai 13 - 18 Kg. Caracal sendiri mempunyai warna bulu yang berbeda-beda, mulai dari kemerah-merahan, abu-abu, pada saat usia caracal masih muda akan terdapat bitik hitam pada bagian bawah tubuhnya dan apabila kucing ini mulai dewasa maka bintik hitam tersebut akan berpindah ke bagian atas mata, pada telinganya terdapat semacam radar untuk mendeteksi keberadaan mangsa dan apabila terdapat musuh yang ingin menyerang. Kucing ini hidup di daerah gurun dan mampu bertahan hidup tanpa air dalam waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya.

7. Serval
Kucing Serval diyakini termasuk spesies yang tertua di Afrika yang merupakan nenek moyang dari singa dan cetah. Ciri khas kucing ini yaitu memiliki kaki yang panjang dan juga telinga yang besar yang berfungsi untuk menangkap radar mangsanya atau untuk mendeteksi area. Serval memiliki bulu berwarna coklat kemerahan dan tutul2 hitam di sekujur tubuhnya. Serval jantan biasanya memiliki badan yang lebih besar dari serval betina, Serval jantan akan berburu hewan mamalia atau burung untuk di berikan kepada anak-anaknya. Kucing yang biasanya sering ditemukan di padang safana ini mempunyai kecerdasan yang cukup tinggi, sehingga kucing ini pun banyak dipelihara manusia sebagai hewan peliharaan rumah.

0 komentar:

Posting Komentar

readbud - get paid to read and rate articles
 
Copyright 2009 My Inspirations. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan